Sambut Maulid Nabi, LSPT Hadirkan Qari’ Internasional

Kamis malam (4/12/2014), aula utama Masjid Ulul Albab Diwek Jombang Jawa Timur menjadi saksi tampilnya para qari’ dan qari’ah tingkat nasional hingga internasional. Mereka saling unjuk kebolehan dalam melantunkan ayat suci al-Qur’an. Sejumlah grup shalawat turut hadirin menambah khidmatnya suasana.
Ini adalah rangkaian acara menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) bekerjasama dengan Pesantren Tebuireng. Kegiatan yang mengambil tema lailatul qira’ah dan lailalus shalawat dihadiri ratusan santri putra dan putri Pesantren Tebuireng serta sejumlah pesantren di sekitarnya.
Ada dua puluh qari’ dan qari’ah juara tingkat propinsi dan nasional. Bahkan juara internasional tahun 1997, Ustadz Saiful Munir turut memeriahkan kegiatan ini. Dan tidak ketinggalan empat grup shalawat al-Banjari yang turut hadir dan mengiringi lantunan shalawat yang dibawakan secara berkelompok.
Dalam sambutannya, Slamet Santoso menandaskan bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan ini sebagai media untuk menanamkan rasa cinta kepada baginda Nabi Muhammad SAW. “Kita harus terus menggelorakan rasa cinta kepada beliau,” katanya. Jangan sampai karena alasan globalisasi dan modernisasi akhirnya melupakan kiprah dan ajaran Nabi Muhammad SAW, lanjutnya.
Bagi salah seorang pimpinan di LSPT ini, wujud dari kecintaan kepada Nabi Muhammad adalah dengan mengikuti sunnah yang telah digariskan. “Dan untuk lebih mendekatkan kepada sosok dan pengorbanan serta kecintaan kepada beliau, acara malam ini adalah di antara buktinya,” katanya.
Karena dengan terus membaca shalawat serta meneladani kiprah Nabi, maka hidup akan lebih tertata. “Semoga hidup kita semakin berkah dengan memperbanyak kegiatan shalawat,” ungkapnya yang disambut amin hadirin.

Acara yang didukung penuh oleh LSPT ini dimulai sejak jam 19.00 dan berakhir hingga jam 23.15 WIB. (s@if)