MUI Instruksikan Shalat Ghaib dan Tahlilan untuk KH Ali Mustafa Yakub

Atas nama umat Islam dan warga bangsa, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia atau MUI turut berduka cita yang sangat mendalam atas wafatnya KH Ali Mustafa Yakub, Kamis (28/4) pagi. Untuk itu KH Ma’ruf Amin menginstruksikan kepada umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama untuk melaksanakan shalat ghaib dan menggelar tahlilan untuk almarhum.

“Kami juga mengharapkan pengurus wilayah dan cabang untuk meneruskan instruksi ini kepada pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di mana pun berada,” kata Rais Aam NU KH Maruf Amin di Jakarta, Kamis (28/4) siang.

Ucapan belasungkawa berdatangan dari pelbagai pengurus wilayah dan cabang NU di Indonesia. Salah satunya pengurus NU Serang. Mereka berdoa semoga Allah menerima amal baik almarhum KH Ali Mustafa Yakub dan mengampuni segala dosa serta kesalahannya.

Almarhum Kiai Ali Mustafa dikenal sebagai kiai yang gigih melanjutkan pendidikan hadits yang menjadi fokus gurunya Hadlratus Syekh KH M Hasyim Asyari di tengah masyarakat. Kiai Ali Mustafa mengabdikan dirinya untuk pengembangan agama Islam takhassus hadits, salah satu kajian langka di Indonesia.

Almarhum yang juga alumnus Pesantren Tebuireng Jombang ini kemudian mendirikan Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darussunnah di Pisangan Barat, Ciputat, Tangerang Selatan yang menjadi pusat kajian hadits di Indonesia. (NUo)