“Kampung Berkah Wonosalam” Oase di Kawasan Puncak

Kiprah Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng atau LSPT semakin dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Kali ini dengan menggelar ‘Kampung Berkah Wonosalam’ di beberapa waktu berselang.

“Awalnya kami melakukan koordinasi dengan salah seorang tokoh di Kecamatan Wonosalam yakni Ustadz Mumfaidzin selaku Ketua Yayasan Islamic Center Wonosalam atau ICW,” kata Afif Abdur Rokhim kepada  media ini.

Menurut Direktur LSPT tersebut, pertemuan untuk mensinergikan sejumlah program bagi masyarakat Wonosalam. Dan pada 1 Oktober LSPT mengawali pertemuan di ICW untuk melakukan pemetaan dan koordinasi lanjutan setelah beberapa minggu terakhir dilakukan melalui sosial media. “Selesai  berdiskusi, kami diajak Ustadz Faidzin untuk melihat sejumlah daerah yang direkomendasikan menjadi wilayah binaan LSPT,” katanya.

Dan pada Senin (14 Oktober) LSPT memutuskan untuk memilih Dukuh Pokah, Dusun Mangirejo, Desa Wonosalam untuk menjadi wilayah binaan sekaligus berdirinya Griya Dakwah.

“Seperti diketahui, keberadaan Griya Dakwah sebagai salah satu program unggulan lembaga ini,” jelas mahasiswa pascasarjana Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng tersebut.

Titik binaan yang dilakukan adalah melalui masjid Al-Ikhlas yang terletak di dataran tertinggi di Jombang. Masjid di kawasan Pokah tersebut searah dengan jalan menuju destinasi wisata Puncak Kekep sebelum puncak tertinggi. Masjid ini dijadikan wadah pelaksaan program awal bagi LSPT, mengawali misi dakwah yang ada.

Dan pada Selasa (29 Oktober),  LSPT sepakat merenovasi masjid Al- Ikhlas Dukuh Pokah agar masyarakat diberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah serta sejumlah kegiatan keagamaan lainnya. Namun untuk dapat sampai ke arah tersebut bukan hal yang mudah. Karena hal tersebut membangun sebuah peradaban bagi satu wilayah yang dihuni berbagai ragam perbedaan.

“Hal itulah yang menantang LSPT untuk saling menjaga hubungan baik serta toleransi dalam menghadapi ragamnya perbedaan tersebut,” kata M Muhammad Rusdi.

Setelah berbagai persiapan dilakukan dengan melakukan koordinasi kepada berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah di Wonosalam, pada Jumat (8 November) lalu LSPT meresmikan berdirinya Griya Dakwah tersebut.

“Lokasinya ada di Dukuh Pokah, Dusun Mangirejo, Desa Wonosalam yang kami namakan dengan Kampung Berkah Wonosalam,” ungkap Kepala Manajer Program LSPT ini. Penamaan tersebut diharap memberikan efek positif terhadap masyarakat agar keberkahan selalu menyertai dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, lanjutnya.

Setelah peresmian hingga kini LSPT terus melakukan pendampingan dengan menjadikan masjid sebagai media pemersatu umat. Dalam waktu dekat keberadaan Kampung Berkah Wonosalam akan dihadirkan ustadz yang bermukim sebagai fasilitator menjalankan sejumlah program yang telah dirancang. “Harapan ke depan fasilitator bisa menjadi jembatan dalam menyampaikan misi dakwah di Dukuh Pokah,” jelasnya.

Untuk memperluaskan serta memperindah komplek masjid tersebut, LSPT terus membuka donasi bagi masyarakat maupun dermawan yang hendak menginfakkan sejumlah hartanya sebagai investasi akhirat.

 

Silakan salurkan donasi melalui rekening LSPT

– BNI: 0297  7050 35

– MANDIRI: 142 00 1251736 2

– MANDIRI SYARI’AH: 711 300 5232 atas nama Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng. Untuk konfirmasi dilakukan ke 0812-5955-2557 yang juga tersambung layanan WhatsApp. (Syaifullah)